KOTA PASURUAN

KOTA PASURUAN
Saya tinggal di purwosari, kabupaten pasuruan di sana terdapat beragam makanan khas seperti Ubi cilembu, keripik singkong. Makanan di Pasuruan banyak digemari orang-orang. Makanan khas pasuruan rasanya sangat identik dengan makanan tradisional seperti Nasi Rawon, Sate Komo ( berbahan dasar daging sapi). 


Seni dan Budaya Kentalnya nuansa islam di Kota Pasuruan sedikit banyak membawa pengaruh pada perkembangan seni dan budaya. Contohnya :

1. Seni Hadrah Al Banjari
Seni Hadrah Al Banjari merupakan suatu seni yang bernafaskan Islam. Disebut Al Banjari kaena alat terbang serta aturan memukul terbangnya berasal dari Banjarmasin. Meskipun berasal dari luar daerah, kesenian ini sudah memasyarakat di Kota Pasuruan.
Keistimewaan Hadrah Al Banjari terletak pada suaranya yang bertalu-talu ditambah suara bas, jika dicermati mirip musik samba dari Brasil. Hadrah Al Banjari ini sering dimainkan untuk memeriahkan acara sunatan, pernikahan dan pada peringatan hari-hari besar umat Islam seperti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.



 2. Tari Merak Abyor
Tari Merak Abyor ini merupakan tari-tarian khas Pasuruan dan pernah ditampilkan pada acara PON tahun 2000 di Sidoarjo, juga pernah meraih sepuluh penyaji terbaik Festival Karya tari Merak pada Gelar Seni Budaya dan Pariwisata Jawa Timur tahun 1998/1999. Tari merak abyor ini merupakan kreasi Sanggar Tari Dharma Budaya Pasuruan yang diilhami oleh tari merak yang ada.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang perkembangan atau kemajuan teknologi

Tentang Universitas Muhammadiyah Malang